Beginilah Cara Membuat Taman Mini di Halaman Rumah

Beginilah Cara Membuat Taman Mini di Halaman Rumah – Agar rumah kita bisa tampak lebih hidup dan segar maka perlu dibangun sebuah taman di halaman rumah. Namun sayangnya, mungkin halaman rumah kita yang kosong sudah terasa sempit. Walaupun begitu, kita tidak boleh menyerah untuk membuat taman rumah. Dengan adanya lahan yang sempit dan terbatas pun kita masih bisa membangun sebuah taman rumah yang berukuran kecil atau mini. Taman rumah ini nantinya bisa berfungsi untuk resapan air hujan dan juga bisa berguna untuk menyejukkan pandangan mata dan pengurang stres. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam membangun sebuah taman berukuran mini di halaman rumah Anda.
 

1. Gunakan Tanaman Kecil untuk Mengisi Taman
Untuk mengisi taman mini maka sebaiknya kita juga menggunakan tanaman yang berukuran pendek atau kecil. Kita bisa memakai tanaman yang biasa dibuat bonsai seperti serut, asam jawa, beringin, dll. Tanaman ini bisa ditanam dalam pot agar tidak mudah tumbuh tinggi dan besar. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memangkasnya secara rutin agar tampak rapi. Selain tanaman bonsai, masih banyak tanaman lainnya yang bisa kita gunakan untuk mengisi taman seperti tanaman palem-paleman, aglaonema, anthurium, talas, lidah mertua (sansivera), pucuk merah, dll.

2. Hindari Menggunakan Tanaman yang Berpohon Besar
Bila halaman rumah kita sangat sempit maka sebaiknya tidak mempergunakan pohon yang berukuran besar untuk mengisi taman mini kita. Alasannya, pohon besar akan lebih banyak memakan tempat karena jangkauan akar dan dahannya yang luas. Bila tajuk pohon lebar maka akan dapat menutupi tanaman-tanaman kecil yang ada di bawahnya sehingga pertumbuhan tanaman kecil menjadi tidak sehat.

3. Tanamlah Rumput-Rumputan
Agar tanah di sekitar taman mini kita tidak tampak hanya warna coklat saja, maka sebaiknya kita tutupi dengan menanam rumput kecil secara merata. Dengan adanya rumput maka taman menjadi lebih hijau dan semakin indah.
 

4. Gunakan Tanaman Bunga dalam Pot
Agar taman mungil kita memiliki warna yang indah maka sebaiknya perlu ditambahi dengan adanya tanaman bunga seperti anggrek, soka, mawar, telapak dara, dll. Dengan adanya warna-warni seperti ungu, merah muda, merah, kuning, ataupun warna-warna lainnya maka taman hijau kita akan semakin tambah semarak.

5. Gunakan Batu Alam
Agar taman mini kita semakin tampak variatif, maka bisa kita tambahkan dengan batu-batu alam di dalamnya. Kehadiran batu-batu alam akan mampu menambah kesan yang alami. Letakkanlah batu-batu alam ini secara teratur.

Selain kelima tips di atas, mungkin masih banyak tips-tips lain untuk membuat taman kecil di halaman rumah. Selamat mencoba! Bila masih ada kesempatan, silakan Anda lihat juga artikel mengenai Cara Jitu Membersihkan Rumah dengan Gula.