Inilah Ciri-Ciri Rumah Sehat

Inilah Ciri-Ciri Rumah Sehat – Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan rumah sehat? Tentu saja maksud dari rumah sehat bukanlah sebuah rumah yang khusus untuk menampung orang-orang yang sehat saja. Kalau kita artikan seperti itu maka berarti rumah sehat adalah lawan kata dari rumah sakit. Namun pengertian dari rumah sehat di sini bukanlah yang seperti itu. Rumah sehat diartikan sebagai rumah yang memiliki syarat-syarat tertentu yang bisa membuat penghuni di dalamnya hidup dengan bahagia, aman, dan nyaman. Persyaratan-persyaratan tersebut misalnya ialah dari segi kebersihan, keindahan, kelengkapan fasilitas, keamanan, dll. Rumah sehat merupakan rumah yang menjadi idaman bagi kita semua.


Setiap orang menginginkan bisa memiliki rumah sehat. Rumah sehat itu sendiri memiliki beberapa persyaratan sebagai berikut:
1.      Segi kesehatan yaitu mampu menunjang kondisi kesehatan tiap penghuninya. Contoh di tiap ruangan tersedia penerangan dan tidak lembab, terpenuhinya jaringan air bersih dan air minum, terdapat pembuangan sampah, saluran air, pembuangan air kotor/limbah rumah tangga dan sebagainya.
2.      Segi perawatan, yaitu rumah yang selalu rajin dirawat dan dibersihkan. Hendaknya semua anggota penghuni rumah saling berbagi tugas untuk senantiasa merawat dan menjaga kebersihan rumah.
3.      Segi konstruksi bangunan, yaitu memiliki pondasi dan konstruksi yang cukup kuat dan aman untuk penghuni di dalamnya serta dibuat dari bahan bangunan yang tahan lama, mudah untuk dipelihara, terdapat jaringan listrik dan bersifat tahan api.
4.      Segi keserasian lingkungan, yaitu untuk memberikan keindahan dan keasrian lingkungan rumah. Contoh: menanam tanaman di perkarangan, memberi lampu penerangan dan seabgainya.
5.      Segi keterjangkauan biaya yaitu pembangunan dan pemeliharaan sarana dan prasarana rumah disesuaikan dengan dana dan kemampuan pemilik rumah.
6.      Segi kenyamanan, yaitu bertujuan agar penghuni nyaman bertempat tinggal dan mudah melaksanakan kegiatannya.

Demikianlah beberapa ciri dari rumah sehat. Semoga kita semua memiliki rumah sehat sehingga seluruh keluarga bisa hidup dengan bahagia. Bagi Anda yang tertarik ingin memiliki sebuah rumah sehat di Kota Solo, silakan hubungi kontak kami.